5 Laptop Gaming Terbaik yang Bisa Kamu Miliki


Laptop Gaming Terbaik

Pasar laptop gaming mengalami perkembangan yang menarik sepanjang tahun lalu. Sejumlah pabrikan menawarkan laptop gaming dengan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1050, yang murah dan mampu menjalankan game AAA dalam setting medium. Makin banyak pula pabrikan yang menawarkan model laptop gaming dengan desain ramping tanpa mengorbankan performa. Lalu, laptop gaming apa yang paling tepat untukmu?

Namun sebelum kamu menentukan laptop gaming terbaik yang bisa dimiliki, ada baiknya untuk menyimak tips memilihnya.

Laptop gaming mempunyai spesifikasi yang makin meningkat dari tahun ke tahun, serta menjadi laptop high-end yang kian digemari. Keunggulan utama laptop gaming adalah kemampuannya dalam memproses data-data grafis. Hal tersebut tentu tidak bisa dibandingkan dengan laptop biasa.

Karena spesifikasinya yang tinggi, laptop gaming adalah pilihan ideal untuk mengedit video yang berat atau membuat software. Penggunaannya pun lebih mudah dan praktis.

Terdapat banyak jenis dan ukuran laptop gaming, mulai dari ukuran kecil yang mudah dibawa-bawa hingga ukuran besar yang nyaman dipakai di rumah. Jika Anda mempunyai laptop gaming yang spesifikasinya tinggi, lebih mudah bagi Anda untuk mengalahkan permainan lawan. Temukan laptop gaming favorit Anda dan nikmati permainan yang menyenangkan.

Tips memilih laptop gaming terbaik

Layar. Ukuran, resolusi, dan kecepatan refresh dapat memengaruhi pengalaman bermain game Anda. Apakah Anda ingin memprioritaskan resolusi tinggi atau layar dengan kecepatan refresh tinggi, atau Anda berencana untuk menggunakan monitor eksternal?

CPU dan GPU. Bandingkan spesifikasi komponen seperti jumlah inti dan kecepatan clock, serta periksa benchmark untuk perbandingan cepat antara berbagai lini produk.

Memori dan penyimpanan. Kenali perbedaan antara SSD dan HDD, dan tentukan berapa RAM yang Anda butuhkan untuk menggunakan sistem Anda.

Desain. Laptop yang ringan mungkin mudah dibawa saat bepergian, tetapi perangkat keras yang lebih canggih mungkin menjadi prioritas utama saat bermain game yang menuntut di rumah.

Port dan input. Rencanakan jumlah periferal yang akan Anda gunakan, termasuk penyimpanan eksternal dan audio. Apakah Anda perlu fleksibilitas lebih, ruang lebih, atau port berkecepatan tinggi tambahan?

 

Daftar laptop gaming terbaik

1. ASUS ROG Zephyrus G14

Terlepas dari fakta bahwa laptop ini tidak memiliki webcam dan port Thunderbolt 3, ASUS ROG Zephyrus G14 hampir mendekati kata sempurna ketika berbicara mengenai laptop gaming. Ini ramping namun ganas dengan spesifikasi seperti prosesor AMD Ryzen 4000 Series, GPU NVIDIA GeForce RTX 2060, RAM hingga 32GB DDR4 dan penyimpanan SSD M.2 hingga 1TB.

Selain itu, ini juga memiliki layar IPS 14 inci dengan resolusi FHD dan refresh rate 120Hz. Karena refresh rate layarnya yang tinggi, laptop yang satu ini cocok untuk mereka yang gemar game FPS.

 

2. MSI Titan GT76 10SGS-085 i9-10900K

MSI GT76 adalah Titan baru MSI yang dibuat lebih buas dari sebelumnya. Desain Titan yang satu ini terinspirasi dari mobil eksotis yang menjalar ke seluruh eksterior, dengan cover aluminium yang ramping dan aerodinamis dan bodywork bertema serat karbon.

Kisi-kisi dan jaring logam bersama-sama memberikan asupan dan pembuangan maksimum untuk tenaga kuda yang belum pernah terjadi sebelumnya.

MSI mengklaim kalau hewan buasnya ini berhasil memecahkan semua rekor dengan kinerja desktop penuh, di-overclock hingga 5,0 GHz di semua 10 core untuk memberikan kinerja paling ekstrem yang pernah ada.

Di bagian grafis, MSI GT76 menggunakan GeForce RTX SUPER Series baru yang memiliki lebih banyak core dan clock yang lebih tinggi untuk kinerja yang lebih cepat dibandingkan dengan GPU generasi sebelumnya.


Dengan komposisi dapur pacu yang lebih hebat dari generasi sebelumnya, MSI GT76 menjadi laptop gaming yang hebat bagi para game hardcore.
Tidak hanya dapur pacunya saja yang dibuat lebih garang. Sebagai laptop gaming unggulan, sudah sepatutnya MSI GT76 dilengkapi dengan sistem pendinginan yang mumpuni agar mampu mempertahankan kinerja terbaiknya saat sesi gaming panjang.


Maka dari itu, MSI membenamkan Cooler Boost Titan baru yang didesain ulang untuk menangani panas yang paling ekstrem sekalipun. Sistem pendinginan ini terdiri dari 4 kipas, 11 pipa kalor, dan 2,25 kali aliran udara.


Bagian pencahayaan RGB Mystic Light-nya juga dibuat baru. Sekarang iluminasinya menyebar ke seluruh keyboard dan meluas ke bagian bawah sasis yang unik.

 

3. Victus by HP

Butuh laptop gaming terbaik dengan layar yang besar? Kamu bisa melirik Victus by HP. Layarnya berbentang 16,1 inci! Dijamin puas bermain di layar sebesar itu. Menariknya lagi, layar tersebut sudah mendukung refresh rate 144Hz.

Jangan sebut laptop gaming, apabila perangkat ini tidak dibekali dengan spesifikasi kelas atas. Victus by HP dibekali dengan prosesor Intel Core i7 11800H dan kartu grafis hingga RTX 3060 6GB.

4. Razer Blade Stealth 13

Selanjutnya adalah Razer Blade Stealth 13 yang punya ketebalan kurang dari 2 cm dan ditenagai oleh spesifikasi yang mumpuni untuk memainkan game di kualitas visual maksimal dan performa optimal.
Blade Stealth 13 mengandalkan prosesor Intel Core i7 generasi ke-11 sebagai otak pemrosesan utama dibantu oleh GPU NVIDIA GeForce GTX 1650 Ti, RAM 16GB DDR4 dan penyimpanan SSD 512GB.

Untuk memanjakan mata para gamer, Blade Stealth 13 juga membawa layar 13,3 inci FHD 120Hz. Bagi mereka yang ingin lebih, juga ada opsi dengan panel OLED, resolusi 4K dan dukungan touchscreen.

5. ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE Ryzen 9

Bermain game pada laptop ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE ini dijamin akan memuaskan. Prosesor yang tersemat di laptop ini merupakan AMD Ryzen 9 5900HX, punya performa yang begitu buas untuk menjalankan game terkini dengan setting-an grafis rata kanan.

Miliki layar berukuran 15,6 inci, laptop ini punya layar yang tergolong besar namun memang bukan yang paling besar di industri. Kendati begitu, pengguna akan dimanjakan dengan kualitas resolusi 4K dan laju penyegaran 120 Hz.

Laptop juga bisa digunakan sebagai sarana desain grafis yang ideal, karena layar mendukung gamut warna Adobe RGB 100% dan mengantongi sertifikasi Pantone Validated.

Bahkan, kartu grafisnya sudah menggunakan NVIDIA GeForce RTX 3080 Super, mengantongi besaran VRAM 16 GB GDDR6. Lonjakan frame rate dijamin akan terasa dibanding dengan GeForce RTX 2080 sekalipun.

Kesimpulan

Saat memilih laptop, yang terpenting adalah untuk apa Anda menggunakan laptop.

Jika Anda ingin bermain game menggunakan monitor eksternal, akan lebih baik untuk memprioritaskan CPU dan GPU daripada layar bawaan yang kaya fitur. Jika Anda mengedit video atau membuat konten, RAM 32 GB, CPU yang solid, dan layar resolusi tinggi mungkin lebih penting daripada arsitektur GPU terbaru.

Ini bukan hanya membandingkan satu komponen laptop gaming atau faktor bentuk dan ukuran dengan komponen lain, tetapi tentang menentukan fitur terpenting bagi Anda, dan mendapatkan mesin yang memiliki segala hal yang Anda inginkan. 

Related Posts