Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Tetap Terhubung Koneksi Internet di Hotel Saat Liburan

Terhubung Koneksi Internet di Hotel

Namanya liburan sudah seharusnya kamu terbebas dari beban pekerjaan. Namun, ada kalanya kamu harus berkorban sedikit dan mengerjakan sesuatu yang tak bisa ditunda-tunda saat lagi liburan. Atau kamu ingin upload foto liburan ke media sosial. Jumlah fotonya banyak hingga kamu butuh internet yang lebih kencang.

Saat rasanya hampir semua hotel dewasa ini menyediakan jaringan WiFi, seharusnya terkoneksi dengan pekerjaan tak akan menjadi masalah berarti. Berikut adalah cara dan tips yang bisa kamu lakukan saat ingin terhubung koneksi jaringan internet WiFi di hotel saat liburan.

Cara Terhubung ke Wi-Fi Hotel Saat Liburan

  • Pastikan wireless adapter dalam kondisi menyala

Perangkat-perangkat terkini biasanya sudah memiliki wireless adapter di dalamnya, tapi kamu harus memastikan kondisinya dalam keadaan menyala. Perangkat inilah yang akan mencari dan menangkap koneksi sinyal WiFi yang diberikan oleh pihak hotel.

Indikator menyalanya bisa berbeda-beda pada setiap perangkat yang kamu gunakan. Pada sistem operasi Windows notifikasinya terletak di pojok kiri bawah, sedangkan pada Mac terdapat di pojok kanan atas. Pada perangkat handheld biasanya tertera di bagian atas layar. Ikon yang digunakan berupa simbol wireless pada umumnya.

 

  • Cari tahu koneksi jaringan yang disediakan

Kamu bisa mencarinya melalui perangkat yang akan digunakan atau agar lebih pastinya tanyakan ke petugas hotel nama jaringan WiFi yang disediakan. Kejadian yang cukup sering terjadi adalah kamu tidak bisa menemukan nama jaringan yang disediakan oleh pihak hotel. Jika masalah ini kamu alami, hal yang harus dilakukan adalah mencoba mematikan terlebih dahulu wireless adapter-nya baru kemudian dinyalakan kembali.

Masih mengalami kejadian yang sama? Coba restart perangkat yang akan digunakan, lalu ulangi langkah di atas. Kejadian ini bisa saja terjadi karena perangkat kamu harus beradaptasi dengan sinyal jaringan setempat. Hal ini bisa dihindari jika kamu cukup sering menginap di hotel tersebut.

 

Jika WiFi Tidak Ada Internet dan Cara Mengatasinya

Nah, jika komputer atau laptop kamu sudah terhubung dengan jaringan WiFi tetapi tidak bisa akses internet, langsung coba cara berikut ya!

 

1. Restart Router

Cara mengatasi masalah ini paling mudah adalah me-restart router.

Pergilah ke tempat router ditaruh, kemudian matikan router dengan cara mematikan tombol power-nya.

Setelah itu, tunggulah sekira 30 detik, kemudian hidupkanlah kembali router tersebut.

Setelah lampu DSL terlihat stabil, periksalah perangkat kamu.

Sambungkan kembali perangkat dengan jaringan Wi-Fi yang tersedia.

Jika router masih dalam keadaan baik, biasanya cara ini sangat ampuh mengatasi masalah WiFi tersambung tapi tidak bisa internet.

 

2. Cek Pengaturan Internet di Laptop

Kamu bisa melakukan cara memperbaiki Wifi yang tidak bisa connect di laptop dengan memeriksa pengaturan internet di laptop. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa keberadaan jaringan Wifi pada laptop. Kamu harus melakukan pengecekan terhadap pengaturan internet yang ada di laptop.

Langkah awal cara memperbaiki Wifi yang tidak bisa connect di laptop adalah dengan memperhatikan ikon notification area pada laptop. Ikon ini terletak di bagian pojok kanan sebelah bawah dari layar laptop kamu. Apakah muncul tanda seru berwarna kuning pada ikon tersebut?

Jika muncul tanda seru, artinya perangkat laptop tidak terhubung dengan jaringan Wifi. Maka kamu harus melakukan cara memperbaiki Wifi yang tidak bisa connect di laptop dengan mengikuti tips yang akan dijelaskan berikutnya.

 

3. Aktifkan Airplane Mode dan Lakukan Reboot

Lakukan langkah yang paling sederhana terlebih dahulu dalam cara memperbaiki Wifi yang tidak bisa connect ke HP. Bukalah menu “Pengaturan” lalu pilih menu “Wifi.” Matikan sambungan selama beberapa saat, lalu aktifkan sambungan itu kembali.

Lakukan cara yang sama dengan perangkat router yang kamu miliki. Matikan router selama beberapa saat. Setelah itu nyalakan kembali. Ketika kamu menemukan kendala Wifi tidak bisa connect android, coba aktifkan “Airplane Mode,” tunggu beberapa saat kemudian matikan kembali.

Langkah mudah lainnya adalah mencoba menggunakan “Safe Mode.” Lakukan restart pada perangkat HP milikmu kemudian masuk ke “Safe Mode.” Cobalah menyambungkan Wifi saat dalam “Safe Mode.” Apabila bisa terhubung dengan lancar maka lakukan restart pada HP agar kembali ke mode normal.

Kamu juga bisa melakukan cara memperbaiki Wifi yang tidak bisa connect ke HP dengan melakukan reboot setelah mengaktifkan “Airplane Mode.” Setelah reboot, matikan kembali mode pesawat tersebut dan periksa sambungannya. Meski kelihatannya mudah, cara ini sudah sering digunakan dan terbukti berhasil.

 

Wi-Fi Hotel Tak Sepenuhnya Aman

Wi-Fi di hotel seringkali jadi koneksi internet andalan saat bepergian. Tapi, pengunjung mesti sadar kalau koneksi internet yang disediakan di hotel tak jarang kurang memerhatikan aspek keamanan koneksinya.

Sehingga, terhubung dengan Wi-Fi hotel membuka kemungkinan untuk terancam scam, peretasan, virus, dan serangan malware.

Utamanya untuk jaringan WiFi hotel yang tidak menggunakan WPA (Wi-Fi Protected Access). WPA ini biasanya ditandai dengan password yang harus dimasukkan ketika pengguna terhubung ke jaringan internet. WPA membuat koneksi internet pengguna terenkripsi sehingga lebih sulit diendus.

Tanpa enkripsi WPA, semua perangkat yang terhubung dengan Wi-Fi mengirimkan data tanpa perlindungan. Semua data yang dikirim dan diterima dapat dibaca dengan jelas oleh pihak ketiga, ibarat melihat apa yang mengalir di selang bening.

Antisipasi

Untuk mengantisipasi masalah ini, mengakses situs dengan SSL tidak cukup. Koneksi SSL ini ditandai dengan alamat situs yang dimulai dengan 'https://'.

Cara lain adalah menghindari akses Wi-Fi gratis. Alternatifnya adalah dengan menggunakan koneksi 4G di smartphone atau membagi koneksi dengan laptop lewat tethering.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Tetap Terhubung Koneksi Internet di Hotel Saat Liburan"