F Cara Install Ulang Laptop Sendiri Lengkap dan Mudah 100% Berhasil - Tekno Hand
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Ulang Laptop Sendiri Lengkap dan Mudah 100% Berhasil

Menginstal ulang dapat membuat proses laptop menjadi baru kembali. Artinya ketika laptop terkena malware atau virus. Terkadang kesalahan sistem juga mengharuskan Anda untuk menginstal ulang. Pemulihan laptop dapat diuji secara manual dan Anda tidak perlu menggunakan penyedia layanan PC. Sebelum mencoba menginstal ulang laptop, Anda harus mempertimbangkan hal berikut:

Persiapan

Untuk proses install ulang, Anda tidak akan bisa melakukan install ulang secara otomatis. Ada beberapa pengaturan yang harus diselesaikan sebelum Anda dapat mulai menginstal lagi. Masalah seperti backup, pencatatan nomor seri, dan juga perbaikan driver.

Langkah 1: Simpan file penting

Selama proses instal ulang, semua file dapat dipindahkan tanpa menyebutkan penghapusan. Keputusan yang baik untuk menginstal ulang melibatkan menghapus semua file pada hard disk terlebih dahulu. Untuk memastikan file Anda masih tersedia, buat cadangan file terlebih dahulu.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan membuat salinan dokumen dan file yang tidak akan hilang. Anda dapat menggunakan USB flash drive atau hard drive eksternal. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan media penyimpanan cloud. Anda dapat mengunggah semua file yang ingin Anda unggah ke penyimpanan cloud dan mengunduhnya ke laptop Anda setelah penginstalan ulang selesai. Contoh media penyimpanan cloud adalah Google Drive.

Langkah 2: Masukkan nomor seri

Sebagian besar perangkat lunak yang Anda instal di laptop memiliki nomor seri. Apalagi dengan program berbayar. Serial number ini artinya untuk mengembalikan program nantinya untuk digunakan setelah proses instalasi laptop selesai.

Anda mungkin tidak perlu menyimpan file program, tetapi nomor seri ini lebih masuk akal. Beberapa program dapat diunduh oleh asisten, tetapi tanpa nomor seri, program tidak akan tersedia. Untuk memastikan nomor seri Anda nyaman, Anda dapat memasukkan catatan secara manual atau menggunakan alat seperti Belarc Advisor. Alat ini akan memindai semua program yang Anda gunakan di laptop dan merekam semua nomor seri. Program ini gratis alias gratis. Jadi Anda tinggal mengunduh, menginstal, dan menerapkan.

Langkah 3: Perbaiki driver

Agar perangkat laptop berfungsi dengan baik, driver akan dibutuhkan. Fitur ini tidak lagi diperlukan di Windows 10 karena konfigurasi mendeteksi perangkat itu sendiri dan menginstal driver. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki Windows 10 atau akses internet yang mudah, ini adalah sesuatu yang harus Anda coba.

Untuk menemukan driver, Anda dapat mulai mencari secara online atau mengunduh dari teman. Beberapa area layanan juga menawarkan layanan instalasi driver. Menghapus semua driver ini mungkin membutuhkan waktu. Tapi sungguh tidak, Anda tidak perlu khawatir laptop tidak berfungsi karena tidak ada drivernya.

Bagaimana cara menginstal Laptop lagi


Setelah semua persiapan selesai, sekarang saatnya mempelajari langkah dan prosedur untuk memulihkan laptop Anda. Sebenarnya ada 2 pilihan. Langkah pertama adalah mengembalikan laptop ke level yang baru. Opsi ini hanya tersedia di Windows 10. Bagian ini akan menghapus semua file di laptop kecuali item yang termasuk dalam pengaturan pabrik.

Opsi kedua adalah melakukan format manual. Ini sedikit lebih rumit daripada opsi aslinya, tetapi lebih bersih untuk menghapus file. Untuk menghindari kesalahan, perhatikan langkah-langkah dari masing-masing opsi berikut dengan cermat:

Opsi 1: Instal Ulang Laptop dengan Reset Baru

Jadi, untuk memulai proses reset di negara baru, perhatikan langkah-langkah berikut:

  • Buka menu "Mulai", tekan tombol roda gigi. Anda kemudian akan masuk ke menu "Pengaturan".
  • Dalam program ini lihat opsi "Peningkatan & Keamanan"
  • Di menu ini, klik "Pemulihan"
  • Setelah mengklik, Anda akan diberikan opsi "Reset Computer" dan "Advance start-up"
  • Klik tombol "Mulai" pada "Reset Komputer ini"
  • Sebuah jendela pilihan akan muncul melakukan reset bersih dengan menghapus semua file kecuali Windows atau dengan menyimpan file Anda. Untuk opsi kedua, file yang dihapus adalah program, proses, dan file terkait. Jadi dokumen, foto, dan video Anda selalu nyaman.
  • Klik pada apa yang ingin Anda masukkan kembali. Instruksi dari Windows akan muncul dan Anda hanya perlu melihatnya.
  • Reset ke "New State" biasanya memakan waktu lebih lama tergantung pada ukuran file yang perlu dibersihkan. Setelah proses selesai, status laptop akan kembali sama seperti saat Anda membeli dan menyalakan laptop ini sebelumnya.

Opsi 2: Instal ulang dalam Format Manual

Ini adalah metode universal yang digunakan untuk memuat ulang laptop. Tidak hanya dapat digunakan oleh OS dan tidak hanya Windows 10, cara ini dapat menghapus file yang terinfeksi malware dan virus. Meninggalkan file akan membuat malware rilis dua belas.

Sebelum memulai proses ini, Anda harus memasukkan file Windows 10 dalam bentuk disk atau CD serta nomor seri. Jika ada, maka sekarang saatnya untuk membersihkan file! Proses pembersihan ini akan lebih baik jika Anda menggunakan program pembersihan seperti DBAN. DBAN (Darik Boot And Nuke) adalah program yang akan membersihkan semua file hingga benar-benar bersih di hard disk. Anda dapat mengunduhnya secara gratis dan membakar file ini ke CD.

Sekarang, ketika Anda siap, masukkan CD ke dalam laptop dan boot. Untuk melakukan operasi boot, lihat langkah-langkah berikut:

  • Mulai ulang laptop. Di tengah proses startup, tekan Esc, F1, F2, F8, atau F10. Tombol ini tergantung pada jenis laptop.
  • Pilihan akan muncul dan pilihan akan masuk ke "Bios Setup".
  • Di menu "bios", buka "tab Boot".
  • Buat status boot boot yang tersedia di opsi CD-Drive
  • Simpan dan keluar.
  • Mode startup kemudian akan membaca CD DBAN dan dapat digunakan untuk menghapus file di laptop. Lakukan langkah-langkah berikut
  • Tekan Enter untuk membuka DBAN
  • Saat menu DBAN muncul, tekan[J] sebaik[K] pilih drive yang ingin Anda hapus.
  • Pemilihan driver dengan mengklik Spacebar pada keyboard
  • Setelah semua dipilih, tekan F10 untuk memulai proses uninstall.
  • Saat proses berlangsung, Anda tidak akan dapat menghentikannya. Pastikan juga saat pengoperasian sedang berjalan laptop dicharge agar tidak kehilangan baterai karena pengoperasiannya bisa memakan waktu yang lama.
  • Setelah proses selesai, laptop Anda kosong. Sekarang saatnya untuk menginstal ulang laptop dengan file Windows yang telah dikonfigurasi sebelumnya. Buatlah rencana, perhatikan langkah-langkah berikut
  • Menginstal CD Windows yang telah dikonfigurasi sebelumnya.
  • Laptop akan mengenali CD ini dan meluncurkan CD.
  • Langkah-langkah instalasi Windows akan muncul dan Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang diberikan.
  • Langkah terakhir sebelum Anda menginstal, Anda sering diminta untuk memasukkan serial number untuk Windows Anda. Masukkan serial number dan proses instalasi akan berhasil.

Tunggu hingga proses instalasi selesai dan laptop Anda siap untuk up to date. Kami harap postingan ini dapat membantu Anda melakukan reload laptop Anda. Semoga beruntung!

Posting Komentar untuk "Cara Install Ulang Laptop Sendiri Lengkap dan Mudah 100% Berhasil"