F Cara Praktis Scan Foto dan Dokumen di HP Menjadi PDF Atau JPG - Tekno Hand
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Praktis Scan Foto dan Dokumen di HP Menjadi PDF Atau JPG


Di era digital, dunia ada di tangan Anda. Pernyataan seperti itu sepertinya ada benarnya, karena dengan smartphone kamu bisa melakukan banyak hal. Sama seperti Anda ingin mengonversi dokumen fisik ke format digital, tanpa bantuan printer, Anda dapat dengan mudah memindai dokumen atau foto dengan mudah di ponsel Anda dan mengubahnya menjadi file PDF / Jpg.

Perangkat pemindai hasil kantor atau komputer yang paling umum digunakan biasanya tipe datar seperti Canon Lide 120 Flatbed Scanner, Epson Perfection V39 Flatbed Color Image Scanner dan lainnya. Tetapi perangkat tersebut tidak bersifat pribadi (disimpan di rumah) kecuali dia memiliki perusahaan dan diusir dari rumah yang benar-benar harus memiliki perangkat pendukung seperti pemindai ini.

Tekno hand memiliki solusi bagi anda yang mendadak membutuhkan file digital/softcopy dari dokumen fisik jika ingin mengirimkan lamaran kerja melalui email, atau jika ingin mendaftar program/kursus yang menggunakan sistem online saat ini.

Solusinya kompatibel dengan Smartphone Android / ponsel atau iPhone, Anda dapat memindai foto dan dokumen secara langsung dan mengubahnya menjadi file pdf atau JPG digital. Dengan cara ini tentunya bisa menghemat waktu, biaya dan nyatanya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Hasil pemindaian dari ponsel juga tidak lebih baik dari perangkat pemindai yang paling umum digunakan.

Ada 2 cara untuk memindai foto dan dokumen melalui ponsel dan rumah untuk mengunggah file PDF atau JPG, yaitu menggunakan aplikasi lain tanpa permintaan. Untuk informasi lebih lanjut, apa saja aplikasi dan bagaimana melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

3 Cara Scan Foto dan Dokumen di HP

Untuk scan foto/dokumen di hp android bisa menggunakan segala macam model seperti samsung, oppo, vivo, realme, xiaomi, asus dan lainnya. Tapi, untuk mendapatkan hasil scan terbaik, Anda bisa menggunakan ponsel Android dengan kamera beresolusi tinggi.

Untuk pengguna iPhone, Anda juga dapat melihat foto atau dokumen dari iPhone karena perangkat yang akan digunakan sudah ada di App Store.

Aplikasi Google Drive

Cara pertama yang dapat Anda coba untuk memindai foto di ponsel Anda adalah dengan perangkat Google Drive. Apakah Anda belum pernah menggunakan fitur itu sebelumnya? Jadi, selain fungsi penyimpanan file online-nya, Google Drive memiliki fitur Scan yang sebenarnya bisa Anda gunakan untuk mengubah dokumen fisik menjadi file softcopy/digital.

Jadi, bagian Google Drive ini dapat digunakan sebagai printer foto/dokumen secara online, dan menyimpan hasil scan dalam format PDF ke akun Google Drive Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama buka perangkat Google Drive di ponsel dan pilih "Tambah" ada tanda (+) di kanan bawah.
  2. Akan ada 6 pilihan komponen yang dapat digunakan, yaitu Folder, Upload, Scan, Google Docs, Google Sheets dan Google Slides. Pilih "Scan/Pindai" Jika untuk pertama kali muncul notifikasi di akun untuk akses kamera, pilih Allow.
  3. Setelah itu, layar ponsel akan beralih ke mode Foto, jadi di sini, siapkan foto / dokumen yang akan dilihat dari ponsel di permukaan yang rata dan untuk hasil yang lebih, fokuslah pada objek terlebih dahulu dan tekan tombol "foto" di bawah. untuk operasi selanjutnya.
  4. Jika hasilnya sudah terlihat bagus, klik tombol "checklist" di sebelah kanan
  5. Sebelum hasil net scan disimpan, Anda masih bisa mengurutkannya berdasarkan rotasi, penanaman dan beberapa pilihan warna.
  6. Jika Anda ingin memindai hasil 1 file PDF dari beberapa dokumen, Anda juga dapat memindai halaman "Scan now" dengan ikon "+ kotak" di sudut kiri bawah.
  7. Setelah semua selesai, tekan tombol simpan dan masukkan sesuai keinginan. Anda juga dapat membuat folder baru di Google Drive.

Ini adalah langkah-langkah untuk memindai foto/dokumen di ponsel Android menggunakan fitur dari Google Drive. Anda juga dapat menjalankan Widget di halaman depan ponsel sehingga Anda dapat memindai jaringan dengan cepat.

Aplikasi CamScanner

Selain itu, ada aplikasi CamScanner yang dapat membantu Anda memindai dokumen tubuh menjadi salinan mudah langsung dari ponsel Anda. Ini bisa menjadi pilihan lain jika Anda tidak ingin menggunakan alat pemindai Google Drive.

Untuk ponsel/smartphone Android, aplikasi Google Drive ini merupakan salah satu fitur bawaan pabrik, yang artinya Anda dapat memindai foto di ponsel Anda tanpa fitur tambahan apa pun. . Cukup dengan fitur Google Drive.

Tidak seperti CamScanner, itu diinstal sebagai pihak ketiga atau alat tambahan untuk membantu Anda menelusuri foto atau dokumen dengan banyak komponen.

Perangkat CamScanner ini dapat digunakan untuk pengguna smartphone Android dan iPhone.

Alat CamScanner sangat populer karena memiliki banyak fitur dan menyebut dirinya Alat Pemindai Dokumen untuk Android, Pembaca PDF, Manajer File, Editor Dokumen Word / Excel / Power Point, Pemindai PDF, Pemindai Kode Qr, Aplikasi Gambar Terjemahkan.

Proses menggunakannya juga sangat sederhana, seperti pada video di atas, dalam waktu singkat Anda dapat menambahkan "tambahkan tanda tangan".

Cara Scan Dokumen di iPhone Dengan Notes


Pengguna iPhone juga memiliki aplikasi bawaan yang dapat digunakan untuk memindai dokumen secara langsung, yaitu "Notes". Di iOS 11 Apple telah menginstal fitur pemindaian baru pada perangkat Notes. Jadi pengguna iPhone yang sudah menggunakan iOS 11 baru dapat memanfaatkan fitur ini.

Berikut ini cara menggunakan Notes Tool di iPhone untuk Scan Dokumen:

  1. Langkah pertama buka Notes tool dan pilih/klik penanda kotak dengan pensil (buat teks baru)
  2. Selanjutnya, pilih simbol "+" dengan simbol + (plus) di atasnya, daftar akan muncul di bagian atas keyboard Anda. Di menu itu, ketuk kembali lingkaran dengan menandatangani + dan memilih "Pindai Dokumen"
  3. Kemudian iPhone Anda akan memasang kamera, jadi siapkan dokumen untuk diperiksa dan pastikan dokumen yang akan diperiksa rata agar hasilnya bisa dicapai.
  4. Alat Catatan akan memfokuskan kamera itu sendiri pada dokumen atau Anda dapat mengontrolnya secara manual dengan mengetuk layar iPhone. Tekan tombol foto untuk operasi selanjutnya
  5. Setelah itu, penggunaan Notes akan menunjukkan hasil, dan Anda dapat mengeditnya, menyimpan Scan atau Retake / Repeat scan dan hasilnya kabur atau terdistorsi.
  6. Setelah semua selesai, pilih tombol "Selesai" di sudut kiri atas untuk menyimpan hasil pemindaian. Ikuti petunjuknya sampai hasil net scan disimpan sesuai keinginan.
  7. Jika Anda ingin menyimpan file yang dipindai dalam format PDF, klik ikon Enter / Insert. Anda dapat memilih untuk membuat PDF, atau ekstensi lain. Pilih Buat PDF
  8. Setelah itu, file PDF dari dokumen yang ditinjau akan terbuka di Detail. Pilih Selesai.

Berikut 3 cara scan foto atau dokumen di ponsel Android dan iPhone dengan mudah dan cepat. Jadi dengan penggunaan rutin dan fitur lainnya, Anda dapat mengubah ponsel / smartphone Anda menjadi printer dokumen yang sangat cepat. Semoga beruntung.

Posting Komentar untuk "Cara Praktis Scan Foto dan Dokumen di HP Menjadi PDF Atau JPG"