F Jangan Sembarangan Memilih Charger HP, Berikut Tipsnya! - Tekno Hand
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Sembarangan Memilih Charger HP, Berikut Tipsnya!


Saat ini hampir semua pembuat smartphone berinovasi dengan merilis smartphone dengan daya tahan baterai yang tinggi. Pilihan lainnya adalah membuat smartphone mereka memiliki baterai yang lebih besar. Dengan daya baterai yang banyak, memang harus dibarengi dengan charger yang seimbang agar waktu pengisiannya juga tidak terlalu lama.

Sayangnya, banyak pembuat smartphone yang tidak menawarkan charger dengan fitur fast charging, sebuah fitur yang dapat mengisi daya smartphone dengan cepat. Jadi ketika kita membeli smartphone, kita harus membeli charger lain yang sudah mendukung fitur fast charging agar waktu charging smartphone kita lebih cepat.

 

Namun, membeli charger sembarangan sangat berbahaya bagi smartphone kita. Bisa jadi, dengan adanya adapter palsu atau adapter yang tidak jelas asal usulnya membuat baterai smartphone kita mudah rusak. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada baiknya kita lebih berhati-hati sebelum membeli charger baru.

 

Berikut cara tips membeli charger baru agar tidak salah beli dan justru membuat smartphone kamu menjadi rusak.

1. Jangan Beli yang Murah

Istilah selanjutnya mengatakan, setiap kali ada harga, pasti ada properti sebenarnya. Membeli produk dengan harga murah, nyatanya kualitas tidak terjamin. Misalnya membeli charger murah dengan harga yang sangat murah, nyatanya kualitasnya diragukan. Mungkin chargernya bisa cepat rusak, atau bisa juga merusak smartphone.

2. Periksa Tegangan

Daya pengisian didasarkan pada tiga faktor: daya (P) diukur dalam watt, kemudian (I) diukur dalam amp atau milimeter, dan tegangan (V) diukur dalam volt. Besarnya daya ditentukan dengan persamaan P = IV. Dengan kata lain, daya adalah produk arus dikalikan dengan tegangan.

Saat memilih pengisi daya, Anda dapat melihat deskripsi pengisi daya ini di paket pengisi daya. Selain itu, Anda bisa mendapatkan poin ini dengan kepala pengisi daya. Pengisi daya yang baik memiliki arus listrik di kepala.

3. Periksa Baterai

Anda juga perlu mengetahui detail baterai ponsel Anda. Buka casing ponsel dan periksa voltase pada baterai. Pada keterangan baterai selalu terdapat keterangan apakah akan ada arus listrik atau arus listrik yang akan masuk ke dalam baterai.

Misalnya, jika baterai memiliki tegangan 4.35V-2600mAh maka Anda mungkin ingin mengisi baterai di sebelah catu daya baterai. Misalnya, pengisi daya 5V-2000mAh akan mengisi daya lebih cepat daripada pengisi daya 5V-1000mAh.

4. Baca Deskripsi Charger

Input

Input diartikan sebagai tegangan listrik yang bekerja pada charger tersebut Misalnya, jika input menunjukkan 100-240V - Frekuensi 50-60Hz 0,35 A. Ini berarti pengisi daya dapat dialiri daya antara 100-240 Volt. Peringkat daya Indonesia adalah 220V dan frekuensinya adalah 50Hz. Jadi charger aman digunakan. Jika charger digunakan dalam tegangan listrik di atas 240V, pengisi daya akan mengalami kegagalan fungsi.

Meskipun frekuensi 0-60Hz menunjukkan bahwa pengisi daya dapat digunakan dalam frekuensi 50Hz hingga 60Hz. 0.35 A artinya jika tegangan input 0.35 A, charger masih aman digunakan.

Output

Selain input, pengisi daya juga memiliki nomor produksi. Misalnya, jika output menunjukkan 5.0V, 2.0 A berarti daya yang dihasilkan atau akan masuk ke ponsel Anda adalah 5 Volt dengan tegangan 2 Ampere.

Hasilnya menunjukkan daya yang dikonversi dari input yang ada. Contoh di atas adalah dari 100-240 Volt ke 5.0V atau 2.0 A.

5. Periksa Fitur

Sebelum membeli charger, ada baiknya kita memahami fitur-fitur yang ada di dalam charger tersebut. Jika smartphone kamu sudah mendukung fitur fast charging, pilih charger yang mendukung fitur yang sama agar charging smartphone kamu lebih cepat.

Charger lain dengan beragam fitur fast charging adalah Turbo charger dari HIPPO Powerbank. Fitur ini mendukung Quick Charge 4.0+, VOOC, dan total Power 36w. Dengan fitur-fitur ini, Anda dapat mengisi daya ponsel cerdas Anda lebih cepat.

Posting Komentar untuk "Jangan Sembarangan Memilih Charger HP, Berikut Tipsnya!"